Gempa Terbaru di Aceh Menghancurkan Semuanya

Diupdate 1:20 AM. . Topik: Berita Terbaru -

Update Berita Terkini kali ini berjudul "Gempa Terbaru di Aceh ". Gempa yang telah berkali-kali mengguncangkan daerah di Idonesia kini kembali melanda Aceh, Berpuluh-puluh orang telah menjadi korban. Banyak dari mereka yang selamat yang kemudian memberikan informasi tentang kronologi gempa di Aceh. Berikut informasi selengkapnya...


Gempa Terbaru di Aceh Menghancurkan Semuanya


Pemerintah RI menyiapkan dana Rp 40 miliar untuk penanganan gempa di Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah, Provinsi Aceh.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, dana tersebut merupakan bagian dari dana Rp 200 milyar yang telah disetujui oleh DPR dan Kementerian Keuangan. Untuk gempa disiapkan Rp 40 miliar yang disesuaikan dengan kondisi lapangan," jelas Sutopo di Jakarta, Rabu (3/7/2013).

Sutopo menerangkan, pihak BNPB sudah mengirimkan satu unit helikopter milik TNI AU dari Riau ke Aceh untuk penanganan penyelamatan dan pencarian korban, khususnya yang berada di perbatasan Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah.

Selain itu, lanjut Sutopo, dikirim pula satu unit pesawat CN 235 untuk melakukan foto udara dan mengkaji secara cepat dampak gempa.

"Sebanyak 1524 personel gabungan TNI/Polri siap dikerahkan ke Aceh. Gempa tidak berpotensi tsunami, tetapi menimbulkan kerusakan dan menyebabkan setidaknya 5 orang tewas dan sejumlah lainnya luka-luka.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan, pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer, 181 kilometer kota Banda Aceh, sekitar 35 kilometer barat daya Kabupaten Bener Meriah.

Secara ilmiah, bagaimana gempa Aceh pada hari ini terjadi? Anak-anak itu saat gempa terjadi tengah belajar mengaji di TPA masjid tersebut.

"Ada 20-an anak yang tertimbun di masjid di Blang Mancung, Ketol, Aceh Tengah," kata seorang warga, Safrian, saat berbincang dengan detikcom, Rabu (3/7/2013).

Apa yang disampaikan Safrian ini diamini anggota Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Supriadi yang juga mendapatkan laporan dari petugas kecamatan setempat.

"Ada 5 yang berhasil dievakuasi dan sudah meninggal dunia," lanjut Safrian.

Saat ini evakuasi masih dilakukan personel TNI, kepolisian, dan Pemkab Aceh Tengah.


Demikianlah Update Berita Terkini tentang Gempa di Aceh, Semoga para korban diterima disisi- Nya dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan. Saya berharap Pemerintah dan masyarakat bekerjasama dan dapat segera menanggulangi bencana ini agar aktivitas dapat kembali normal dan tidak berlarut- larut.

0 komentar:

Poskan Komentar